Amankah Bisnis MLM ?

Pak, mohon dijelaskan bagaimana hukumnya bisnis MLM, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri? Halalkah? Apakah ada kemungkinan praktik haram?

 

Ami, via sms

 

Jawaban

Masalah kehalalan bisnis MLM (multi level marketing) ini memang seringkali ditanyakan. Sejauh pengetahuan saya, ada 3 pendapat ulama mengenai bisnis MLM. Ada yang mengharamkannya, dengan alasan karena Rasulullah saw melarang makelar untuk memakelarkan kembali barang dagangan orang lain. Ini dengan sudut pandang bahwa barang yang dijual adalah milik perusahaan, dan anggota MLM berperan sebagai makelar bertingkat. Ada juga beberapa fatwa yang mengharamkan MLM karena melihat akibat negatif, hal ini langsung merujuk pada MLM tertentu di daerah tertentu. Misalnya di wilayah Jawa Timur pernah ada fatwa pengharaman MLM yang menjual koin emas karena dampak negatif yang telah ditimbulkannya.

Ada juga pendapat yang menganggap MLM itu syubhat. Kalau dipelajari fatwanya, ternyata lebih karena efek negatif yang bisa ditimbulkannya, bukan karena sistem MLM itu sendiri. Misalnya, menimbulkan gaya hidup hedonisme, percampuran laki-laki dan perempuan dalam acara pertemuan, dan lain-lain.

Namun yang paling banyak dipakai pendapatnya adalah yang menghalalkan sistem MLM tersebut, tentunya dengan beberapa persyaratan. Di antaranya adalah dari sisi produknya, harus produk yang halal. Kemudian dari sisi sistem bonus dan perekrutan juga harus adil dan transparan.

Kemungkinan praktik yang diharamkan bisa saja terjadi. Misalnya, money game atau arisan berantai dimana terjadi perekrutan dan pembayaran uang, namun tidak ada transaksi perdagangan. Uang downline dibagikan pada upline, dan downline tersebut harus mencari downline lagi untuk mendapatkan penghasilan karena downline menyetor lagi ke upline-nya. Dan begitu seterusnya, yang ini sudah jelas haram karena sama sekali tidak ada kegiatan ekonomi, hanya membagi-bagi uang saja. Ada juga proses perekrutan yang tidak jujur dengan kedok pelatihan atau seminar dan sebagainya. Secara etika bisnis, hal ini juga tidak dibenarkan.

Asal bisnis MLM, dari dalam maupun luar negeri, tidak ada masalah karena hukum Islam bersifat universal, tidak mengenal batas negara. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika barang yang dijual berasal dari luar negeri, maka perlu dipastikan sudah mendapatkan label halal dan izin edar dari pemerintah Indonesia.

http://ummi-online.com/berita-454-amankah-bisnis-mlm.html#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s